Rabu, 23 Januari 2013

Langkah – Langkah membuat laporan tahunan excel




  1. Buka Microsoft Excel pada Desktop
  2. Buat sebanyak 20 sheet, yaitu dengan menekan Shift+f11 atau klik kanan pada sheet dan pilih insert. Setiap sheet diberi nama, Sheet pertama dimulai dengan nama “data” sheet selanjutnya diberi nama pada tiap sheet dengan cara klik kanan pada sheet lalu pilih rename. Isi setiap sheet dengan nama bulan, dimulai dari Januari, februari, maret, triwulan 1, april, mei, juni, triwulan 2, semester 1, juli, agustus, September, triwulan 3, oktober, November, desember, triwulan 4, semester 2, tahunan. Untuk mempercantik sheet, beri arna sheet dengan cara klik kanan pada sheetà tab color à pilih warna.
  3. Pada lembar kerja pertama atau sheet “data” buatlah tabel sesuai dengan yang dibutuhkan. Tabel ini berisi mengenai nama bulan, target, pengirim laporan, dan mengetahui pimpinan. Ubah name box di kolom nama bulan sesuai dengan bulannya. Contoh bulan januari-> Nama box dapat diganti dengan “jan”.
  4. Untuk menulis judul, ketik judul di satu cell lalu klik Format Cells atau CTRL 1 pilih alignment --> ubah text alignment menjadi center --> klik wrap text --> OK
  5. Buat judul dengan rumus =judul&" Puskesmas " &pusk&" "&kota&" Bulan "&APR& " Tahun "&tahun -->enter
  6. Tambahkan komentar pada cell dengan cara klik kanan pada cell à insert comment à OK
  7. Membuat nomor urut yaitu ketik 2 nomor berurut ke bawah --> blok --> tarik tanda tambah di pojok kanan bawah area yang diblok.
  8. Hitung K/S dengan cara mengklik di area tabel K dan S rumus =F7/E7% -->enter. Hitung D/S, N/D, N/S dengan cara yang sama dengan di atas. Contohnya seperti ini misalnya :
  9. Untuk membuat kategori bina D/S, dicari dengan rumus logika if yaitu = =IF(J7<TDSTWI;"BINA";"-") à enter. Untuk kategori bina N/D dicari dengan rumus =IF(K7<TNDJAN;"BINA";"-") à enter
  10. Dalam menghitung anda dapat memakai rumus Anda dapat menggunakan =SUM (menjumlahkan), =AVERAGE (rata-rata) dan =COUNT (menghitung jumlah data)

  11. Mengisi catatan dengan rumus ="Catatan : Pada bulan "&JAN&" ini, jumlah posyandu yang perlu dibina D/S nya adalah "&COUNTIF(M7:M16;"Bina")&" posyandu dan yang perlu dibina N/D nya "&COUNTIF(N7:N16;"Bina")&"  posyandu".
  12. Pada tempat dan tanggal, gunakan rumus =""&Tempat&", 5 "&APR&" "&tahun&"" Ingat : sebelumnya telah dibuat tabel berisi bulan, nama dokter, NIP, TPG, dan NIP
  13. Masukkan nama pimpinan Puskesmas, pelapor, dan NIP dengan rumus yang dibuat sesuai pada tabel yang dibuat pada poin di atas contoh =PNAPRL
  14. Membuat grafik dengan langkah-langkah sebagai berikut :
    1. Bloklah data yang akan menggunakan grafik
    2. Pilih insert
    3. sorot chart.
    3. Pilih chart sesuai dengan yang anda inginkan.
    4. Klik next lalu finish.
    5. grafik juga bisa diedit sesuai selera
  15. Setelah itu copy lembar kerja pertama pada lembar kerja kedua (sheet “2/ sheet “Februari”).  Namun tetap sesuaikan data yang terdapat pada diagram dengan cara klik kanan pada diagram > select data > pada daftar sheet dibawah pilihnya sesuai dengan  bulan yang akan diubah > blok data yang diinginkan > ok. Edit kembali lembar kerja seperti pada tabel judul dan grafik agar sesuai dengan nilai di setiap lembar kerja.
  16. Percantik lembaran excel dengan menambahkan Fill color sesuai warna yang diinginkan
  17. Untuk mengunci sheet --> Home-->Format-->Protect Sheet-->masukkan password-->OK
  18. Save data
 Lihat contoh data dengan klik ==> tambuah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar